Kualitas Awal Terios & Luxio Dinilai Paling Baik

Penelitian JD Power Asia Pacific menempatkan Terios dan Luxio, dua model mobil produksi PT Astra Daihatsu Motor, sebagai produk dengan kualitas awal terbaik di segmen masing-masing.

Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan hasil penelitian itu menunjukkan kualitas produksi Daihatsu di Indonesia, yang sudah diekspor ke beberapa negara termasuk Jepang, memenuhi standar internasional.

"Survei ini dari lembaga independen, membuktikan produk kami sudah setara dengan kualitas internasional," kata Amelia.

JD Power Asia Pacific (JDPA) Initial Quality Study merupakan survei atas permasalahan yang ditemui konsumen dalam 2-6 bulan pertama masa kepemilikan mobil baru.

Manajer Senior JDPA Rajeev Nair menjelaskan kualitas awal kendaraan penting untuk memperoleh kepercayaan dan meningkatkan loyalitas pembeli kendaraan baru di Indonesia.

"Upaya pabrikan meningkatkan kualitas dapat membawa keuntungan dalam bentuk rekomendasi positif dan rujukan kepada calon pembeli baru," ujar Rajeev.

Studi JDPA menunjukkan 43% dari konsumen yang tidak menemui masalah kualitas awal merekomendasikan mobil yang mereka miliki kepada teman dan keluarga.

Di sisi lain, hanya 31% dari pemilik mobil yang menemui satu masalah merekomendasikan mobil mereka.

Tingkatkan kualitas

Direktur Produksi Astra Daihatsu Motor Pongky Prabowo mengatakan hasil survei tersebut memacu Daihatsu untuk terus menghasilkan produk berkualitas dengan harga terjangkau bagi konsumen di Tanah Air.

Tingkat keluhan konsumen Daihatsu Terios merupakan yang paling kecil di segmen entry SUV, 76 dari 100 pemilik model tersebut menemukan permasalahan lebih kecil dari rata-rata segmen yang mencapai 78 dari 100 pemilik mobil.

Adapun Grand Max Luxio mendapatkan nilai 84 dari 100 pemilik mobil, terendah di segmen entry MPV yang rata-ratanya 112 dari 100 pemilik. Rata-rata total seluruh segmen mobil di Indonesia adalah 89 dari 100 pemilik.

IQS 2010 mengambil sampel 2.421 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan dalam rentang waktu Oktober 2009 hingga Juli 2010. Studi ini mengevaluasi 57 model kendaraan penumpang dan utility vehicle dari 15 merek kendaraan di Indonesia. Studi dilakukan pada April- Oktober 2010.

Pongky mengatakan berbagai upaya terus dilakukan oleh ADM untuk menjaga kualitas produk Daihatsu guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, pabrik ADM telah menerapkan sistem built in quality yang menjamin kualitas dalam setiap proses produksi sesuai dengan standar yang selanjutnya akan dilakukan pengecekan akhir kualitas produk sebelum kendaraan dikirim ke logistik. (fsi)

Posting Komentar

0 Komentar